Home > Uncategorized > Tips Jadi Pengangguran Berkualitas

Tips Jadi Pengangguran Berkualitas

Kamu pengangguran? Sering mendapat pertanyaan seperti ini, “Sudah kerja dimana?” Pertanyaan yang langsung membuat moodmu anjlok.

Pengangguran mungkin bagi sebagian orang adalah suatu sebutan yang sangat buruk dan sebuah title yang tertuju buat orang-orang malas dan gak bisa berkreasi. Tapi apakah semua orang yang nganggur itu buruk ? Hmmm, memang ane gak akan memberikan sebuah “lowongan kerja” disini, tapi ane ada sedikit cerita yang bisa kamu ambil hikmahnya untuk membuat kamu seorang pengangguran bisa dihormati orang dan dianggap sebagai seorang pengangguran yang berkualitas.

Ada beberapa kiat dan kriteria, tentang apa yang disebut dengan pengangguran produktif dan berkualitas, dari semuanya yang paling penting adalah, JANGAN MERASA MENGANGGUR!! Nah, setelah itu, bacalah poin-poin dibawah ini :

1. Melakukan Aktifitas Rutin Yang Produktif
“Untuk jadi pengangguran yang berkualitas yang kamu butuhin adalah fisik yang sehat.”

Fisik yang sehat akan menunjang karir kepengangguranmu. Seperti kata bijak yang sering kita dengar, Mensana In Corporesano “di dalam tubuh (pengangguran) yang sehat terdapat jiwa (pengangguran) yang kuat. Artinya dengan jasmani yang selalu fit kamu nggak akan mudah depresi menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang lebih mirip “tuntutan.”

Caranya:
Kamu harus berusaha untuk melakukan sesuatu yang rutin dan berarti, seperti misalnya, yang paling penting adalah BANGUN PAGI!
Terlambat bangun berarti kamu “mati” lebih lama, dan kehilangan waktu berharga kamu, dan waktu gak pernah kembali kepada kamu.
Eittss, jangan salah, bangun pagi kadang susah dilakukan jika sudah terlalu terbiasa untuk tidur larut malam, apalagi membalik malam menjadi siang. Bangun pagi membantu metabolisme normal tubuh, karena secara biologis, tubuh perlu istirahat, dan pagi hari adalah saatnya beraktifitas.
Untuk bisa bangun pagi, berarti kamu harus tidur sebelum jam 11 malam, untuk mendapatkan jam tidur yang cukup antara 7-9 jam sehari. Jika kamu berhasil teratur bangun pagi, maka buang air besar pagi pun akan teratur! Dan kamu terhindar dari bad mood yang pertama, bad mood karena sembelit.

“Selanjutnya kamu bias berolahraga…” 

karena olahraga merupakan aktifitas rutin yang juga penting, otot-otot kamu perlu diregangkan, dan syaraf-syaraf yang kusut karena sindrom nganggur pun akan terurai, mempercepat penalaran dan ide-ide baru setiap hari. Ide tersebut nantinya akan terbentuk semakin banyak, dan ketika kamu sudah action! Ide tersebut akan membentuk keteraturan dan komitmen kamu dengan sendirinya. Ane mencontohkan sesuatu yang rutin dan produktif, yang ane maksud itu adalah membuat artikel ini; pertama ane memotivasi diri ane sendiri, kedua ane memotivasi orang lain, dan menjadikan kumpulan orang yang termotivasi oleh tulisan ane, sehingga kalau sudah lebih dari 25 orang termotivasi, kita bisa buat sebuah Page di facebook (just kidding!).

2. Dapatkan Relasi Dan Informasi Dengan Segera

Informasi merupakan hal yang lebih berharga dari uang. Ane serius dalam hal ini, kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu dambakan karena banyak hal, dan yang berperan adalah informasi. Apakah kamu lebih tahu tentang adanya aplikasi pekerjaan terlebih dahulu, sehingga belum banyak saingan yang mendaftar, apakah kamu peroleh job dari teman, dari saudara, bahkan dari undian berhadiah yang iseng-iseng kamu kirimkan. Nah, pada langkah ini berarti kamu harus mengerjakan se-enggaknya dua hal;

Pertama, Kamu harus menjadi orang baik! 
Mengapa orang baik? Karena orang yang mempunyai relasi dan informasi yang banyak adalah orang yang baik terhadap orang lain disekitarnya, menghargai persahabatan, mudah berkomunikasi, pendengar yang baik, dan gak egois. Nah, pembicaraan ane dalam artikel ini mulai menjadi snow ball buat kamu, bahkan hanya untuk dua poin, kamu sesungguhnya
melakukan banyak poin bukan?.

Yang kedua adalah social network online! 
Masih gak paham? nah bagaimana kalo ane bilang Facebook kamu!..sekarang paham?. Social network adalah sarana mengumpulkan teman-teman kamu, dari mulai dari teman play group, PAUD, TK, SD, SLTP, SMU, S-1, S-2, S-3 sampai dengan relasi relasi yang dikenal sebagai akibat dari pendidikan formal kamu yang berjejer tersebut.

Kamu tinggal rutin online di waktu-waktu dimana orang banyak online, yaitu di malam hari, pada hari libur kantor, sabtu dan minggu, atau yang selalu online dari BB, Android, Apple I Phone, dan Tablet PC mereka. Add kesemuanya, dan buat percakapan yang menyenangkan dengan mereka. Hal ini sangat menghibur kamu, karena kamu akan merasa gak sendirian, minimal merasa bukan kamu sendiri saja yang menganggur di indonesia ini (just kidding!).

Dari relasi akan muncul rizki, karena orang yang sering sillaturrahmi akan ditambahkan rizki dan ditangguhkan usianya, diperpanjang dan diberikan berkah. itu bukan ane yang bilang lho, tapi Rasulullah SAW. Jadi lebih baik kamu percaya!.

Berfikirlah untuk mendaftarkan account kamu ke milis-milis lowongan kerja, dan mengisi brief tentang resume kamu disitu. Tekankan spesialisasi yang kamu miliki, dan daily digest mail akan masuk ke kamu dari berbagai listing yang ada. Sekarang kamu tinggal memilih pekerjaan dari layar kamu.

Tambahan lagi, social network bukan hanya satu, dengan gak bermaksud untuk beriklan disini, selain facebook, kamu bisa login ke twitter, linkedin dan lainnya. Ane capek menjelaskan soal social network, jangan dipersulit, karena internet ada untuk memudahkan kamu.

3. Practice make Perfect

Latihlah keahlian kamu, bidang yang kamu tekuni, hobby, atau jurusan terakhir yang menjadi spesialisasi kamu nantinya dalam melamar pekerjaan. Meskipun juga bukan suatu kesalahan apabiala ternyata pendidikan terakhir dan keterampilan kamu gak linier atau sesuai dengan apa yang kamu kerjakan nantinya.

Apapun bidang nafkah kamu, jangan menyalahkan siapapun, dan jangan sekali-sekali mengambil porsi Allah SWT; maksud ane adalah, manusia bertugas berusaha, berdo’a dan Allah yang memberikan takdir dari semua usaha, do’a dan semangat kamu. Jadi jangan mengambil porsi Allah diaman kamu seolah-olah begitu menentukan segala sesuatunya. Percayalah bahwa tiada satu mahluk pun di bumi ini diciptakan, kecuali ada rizki yang dicurahkan Allah kepadanya.

4. Yang dibutuhkan pengangguran adalah rasa kepercayaan diri. 

“Masalah ini kalo gak segera diatasi berbahaya. Sudah pengangguran, nggak pede, kronis, bisa-bisa bunuh diri… “ 

Caranya gampang, setelah mandi, berpakaianlah yang rapi sesuai gayamu, pokoknya yang KAMU BANGET. Berdirilah di depan kaca, cermin (bukan spion apalagi kacamata orang), tarik nafas dalam-dalam. Tataplah sosok di kaca itu, ucapkan lirih tapi pasti,”AKU CANTIK” atau “AKU GANTENG” buat para cowok. Ulanglah beberapa kali dengan intonasi yang terus ditingkatkan. Rasakan getarannya dan jika dirasa sudah cukup ganti dengan ucapan, “AKU NGANGGUR.” Lakukan hal yang sama seperti kata-kata yang pertama. Terakhir gabungan kedua ucapan tadi,”AKU CANTIK/GANTENG TAPI AKU NGANGGUR” lalu balik ucapannya “AKU NGANGGUR TAPI AKU CANTIK/GANTENG.” Dengan begitu kamu akan tambah PD yang dengan sendirinya aura pengangguranmu akan semakin memancar dari dirimu. Setidaknya kamu bisa bikin diri kamu bangga

5. Take Action

Yang paling menentukan adalah eksekusi, lakukan dengan segera dan konsisten, hal ini sangat menentukan keluar atau gaknya kamu dari jurang pengangguran atau mind set nganggur. Dan setelah itu semua kamu lakukan, mungkin hari esok kamu sudah bekerja dengan porsi kamu sendiri, dan kamu akan menuliskan comment yang baik dan bersemangat, seperti; “hei kawan, thanks yaa, aku nggak nganggur lagi”. Aku tinggal balas “sama sama kawan, senang bisa membantu”,…tapi kamu salah, karena sebenarnya kamu yang membantu diri kamu sendiri dengan keluar dari mind set menganggur!. Trust me…it works!

Advertisements
Categories: Uncategorized
  1. eky
    October 29, 2013 at 3:38 am

    thanx Gan ! lumayn Mnggugah semangat kita tuh Gan,tulisan nya ?
    di tunggo kreasi Blog2 berikut nya Gan?

  2. kutukupret
    January 13, 2014 at 2:30 pm

    klo udh nganggur… makan susah… buat kluar rmh aja udh butuh duit.. kapan take action nya..

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

%d bloggers like this: